Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta melalui Dinas Kesehatan meraih penghargaan dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat. Penghargaan diberikan atas komitmen dan dedikasi dalam pelaksanaan pengukuran intervensi serentak pencegahan stunting yang berhasil mencapai 100 persen sasaran di Kabupaten Purwakarta.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat Vini Adiani Dewi kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta dr. Deni Darmawan pada Pertemuan Koordinasi dan Pembinaan Implementasi Germas Tingkat Kabupaten dan Kota yang digelar Garut pada Selasa, 9 Juli 2024 lalu.

"Alhamdulillah, diterimanya penghargaan atas capaian 100 persen pada pengukuran dan intervensi serentak pencegahan stunting ini sebagai gerakan bersama yang melibatkan semua pihak terkait," kata Kepala Dinas Kesehatan Purwakarta dr. Deni Darmawan pada, Rabu, 10 Juli 2024.

Deni menjelaskan, pelaksanaan pengukuran intervensi serentak pencegahan stunting merupakan sebagai upaya kejar target untuk mempercepat penurunan stunting pada tahun ini. Menurutnya, dengan upaya ini bisa mencegah stunting baru lebih maksimal dan mendapatkan data yang lebih baik.

"Pelaksanaan pengukuran intervensi serentak pencegahan stunting di Purwakarta dilakukan pada Januari - Juni 2024 dengan sasaran 71.583 balita," kata Deni.

Deni menambahkan, pelaksanaan pengukuran intervensi serentak pencegahan stunting diantaranya melakukan pemeriksaan fisik penimbangan dan pengukuran tinggi badan balita.

"Capaian pengukuran intervensi serentak pencegahan stunting ini bisa terwujud berkat adanya bimbingan dan pembinaan yang dilakukan bapak Penjabat Bupati Purwakarta Benni Irwan yang sangat peduli terhadap seluruh aspek pelayanan kesehatan di Kabupaten Purwakarta," ujar Denni.

"Ini juga berkat kegigihan dari teman-teman tim gizi dan kepala puskesmas serta jajaran di 20 puskesmas yang ada di Kabupaten Purwakarta," sambungnya.

Untuk diketahui, selain meraih penghargaan pada Pertemuan Koordinasi dan Pembinaan Implementasi Germas Tingkat Kabupaten/Kota tersebut juga dilaksanakan pelantikan Ketua Umum Asosiasi Dinas Kesehatan (Adinkes) Provinsi Jawa Barat periode 2024-2028.

Adapun Ketua Umum Adinkes Provinsi Jawa Barat periode 2024-2028 dijabat oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta dr. Deni Darmawan. (Diskominfo Purwakarta)