Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta meraih penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Tahun 2024 dengan Kategori Madya.

Penghargaan UHC yang diterima Pemkab Purwakarta ini merupakan yang ketiga kalinya. Penghargaan diterima langsung oleh Penjabat Bupati Purwakarta Benni Irwan di Ballroom Krakatau Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Kamis 8 Agustus 2024 lalu.

Penjabat Bupati Purwakarta Benni Irwan mengungkapkan rasa bahagia dan apresiasi atas kerja keras semua pihak terkait hingga diraihnya penghargaan UHC.

"Diterimanya penghargaan UHC ini merupakan wujud komitmen Pemkab Purwakarta mendukung optimalisasi pelaksanaan program JKN-KIS dengan menghadirkan layanan kesehatan yang terjangkau, berkualitas, dan merata bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Purwakarta," kata Benni Irwan, Senin 12 Agustus 2024.

Selain itu kata Benni, penghargaan ini menjadi motivasi, tidak hanya dari Pemkab Purwakarta tapi juga masyarakat dalam mendukung kepesertaan BPJS Kesehatan.

Dengan capaian kepesertaan yang maksimal, berarti masyarakat memiliki kejelasan terhadap jaminan kesehatan. Semua memiliki kewajiban bagaimana masyarakat difasilitasi untuk ikut dalam jaminan kesehatan.

"Predikat UHC penting untuk dipertahankan dengan berkolaborasi lintas instansi pemerintah daerah dan pihak terkait agar semua bersama-sama mengambil peran sesuai fungsinya," kata Benni.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta Deni Darmawan mengatakan penghargaan UHC ini merupakan ketiga kalinya diterima Pemkab Purwakarta secara berturut-turut (2022, 2023 dan 2024).

"Alhamdulillah, tiga tahun berturut-turut Pemkab Purwakarta raih penghargaan UHC. Di tahun ini (2024) penghargaan UHC yang diterima untuk kategori Madya," kata Deni.

Sebagai penutup Deni menambahkan, capaian UHC atau cakupan kesehatan semesta Kabupaten Purwakarta dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. "Capaian tahun ini persentase per Agustus 2024 sebesar 99,52 persen dengan jumlah peserta 1.031.741," kata Deni Darmawan. (Diskominfo Purwakarta)