Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika dorong Pegawai Negeri Sipil (PNS) serta pegawai Non PNS ikut iuran BPJS Ketenagakerjaan (BP Jamsostek). 

Hal itu ia sampaikan ketika berolahraga sepeda bersama pegawai dil lingkungan Pemerintah Kabupaten Purwakarta.

"Hari ini, kami bersepeda dan finis di kantor BP Jamsostek, guna mendorong masyarakat untuk giat berolahraga dan memasyarakatkan olahraga. Hari ini merupakan spesial karena kedepan kita akan mempersiapkan dan Mou dengan BPJS Ketenagakerjaan akan segera dilaksanakan," Ujar Anne saat setelah bersepeda, Jumat (28/02/2020).

Menurutnya, baik itu pegawai pns dan non pns kedepannya diharapkan memiliki jaminan keselamatan dalam bekerja.

"Nantinya pegawai PNS dan non PNS yang ada di Purwakarta, akan kita buatkan jaminan keselamatan kerjanya. Iurannya 10.000 perbulan," ucapnya.

Dengan jumlah puluhan ribu pegawai di Purwakarta, pihaknya akan melakukannya secara bertahap.

"Tapi secara bertahap sesuai kemampuan APBD Purwakarta. Jumlah pns kurang lebih 7000, yang non pns kurang lebihnya 3000 itupun non guru honorer," Ucap Anne.

Tidak hanya kategori pegawai yang disebutkan tadi, ia pun mengatakan, bahwa pekerja sosialpun nantinya akan dibuatkan jaminan keselamatannya seperti lainnya.

"Kemudian pekerja sosialnya, mereka paling banyak jumlah pegawainya, karena tersebar di desa – desa, seperti pegawai tingkat RW, RT, Linmas, Marbot masjid, Muadzin, guru ngaji, dan lainnya. Insyaallah nanti kita akan buatkan juga jaminan kerjanya," Imbuhnya.

Selain itu, yang memiliki potensi besar seperti pekerja informal diantaranya petani, dorongan untuk bisa ikut mendaftar bpjs ketenagakerjaan. (*)