Kabupaten Purwakarta secara mendadak ditunjuk sebagai tuan rumah kompetisi gala siswa Indonesia (GSI) tingkat Provinsi Jawa Barat. Kompetisi ini, merupakan pencarian talenta-talenta muda usia pelajar SMP untuk menjadi bibit unggul persepakbolaan tanah air.

Kepala Bagian Umum Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Jawa Barat yang juga Ketua GSI tingkat Provinsi Jawa Barat, Mardi Wibowo, mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta yang telah siap sedia ditunjuk sebagai tuan rumah.

"Penunjukkannya memang mendadak, tetapi Purwakarta ini sangat keren. Semuanya siap. Terima kasih untuk Purwakarta, Pak Pj Bupati, Pak Kadis," ujar Mardi dalam pembukaan GSI tingkat Provinsi Jabar tahun 2024 di Stadion Purnawarman, Jumat 26 Juli 2024.

Menurut Mardi, GSI Jabar 2024 ini diikuti oleh 15 kabupaten/kota. Seperti, Kabupaten Purwakarta, Kota Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kota Bogor, Kabupaten Kuningan, dan lainnya.

Kenapa dipilih Purwakarta, karena tahun 2023 kemarin tim GSI Kabupaten Purwakarta menjadi juara pada GSI tingkat provinsi. Bahkan, menjadi perwakilan Jawa Barat di tingkat GSI nasional.

Landasan diselenggarakannya GSI ini, lanjut Mardi, merujuk pada Instruksi Presiden No 3. Dalam payung hukum ini, Presiden ingin adanya percepatan pembangunan di Indonesia melalui dunia persepakbolaan. "Makanya, dicarilah talenta-talenta muda yang masih duduk dibangku SMP untuk menjadi agen perubahan," ujarnya.

Karena itu, ajang GSI ini menjadi ekstrakurikuler yang diterapkan di setiap sekolah di daerah-daerah. Diharapkan, melalui GSI ini bisa mengembangkan potensi siswa. "Selama GSI berlangsung, tim akan bertanding di dua stadion. Yakni, Stadion Purnawarman dan Lapangan Armed Purwakarta," jelasnya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Purwakarta Benni Irwan, mengaku sangat bangga wilayahnya ditunjuk sebagai tuan rumah. Meskipun, pihaknya cukup kaget karena Kadisdik Purwakarta melaporkan akan diselenggarakan GSI ini pada H-1.

"Saya kaget, karena Pak Kadisdik laporannya baru kemarin. Inikan waktunya cukup mepet. Tetapi, persiapannya sangat luar biasa. Saya mengapresiasi atas kinerja Pak Kadisdik dan jajaran," ujar Benni.

Atas nama Pemkab Purwakarta, lanjut Benni, pihaknya mengucapkan selamat datang kepada tamu undangan dan peserta GSI se-Jabar. Ajang GSI ini membuat bahagia dan bangga.

Lantaran, bukan hanya sekedar ajang kompetisi melainkan sebagai wadah mengembangkan potensi dan semangat sportivitas di kalangan siswa. Bahkan, GSI ini sebagai aktualisasi peserta didik. "Ini adalah momentum pencarian bakat anak-anak yang memiliki talenta di atas rata-rata," ujarnya.

Sehingga, dengan prestasi yang nantinya diraih para talenta muda ini maka akan mencerminkan profil pelajar Pancasila. Untuk itu, lanjut Benni, pihaknya akan memberikan bonus kepada tim juara sebesar Rp 10 juta dan juga pemain terbaik sebesar Rp 5 juta.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, Purwanto, mengatakan, pihaknya sangat berbahagia diberi kepercayaan menjadi tuan rumah Gala Siswa Indonesia tingkat Jawa Barat.

"Kita berharap semoga event ini bisa berjalan dengan lancar dan menghasilkan talenta-talenta sepak bola di Jawa Barat yang hebat dan khususnya semoga Purwakarta jadi juara, seperti tahun kemarin," ujar Purwanto.

Tak lupa, Purwanto mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang turut membantu terselenggaranya acara ini. Karena acara ini dilaksanakan secara dadakan oleh GSI tingkat Provinsi Jawa Barat. (Diskominfo Purwakarta)