Dengan tema utama; Anak Terlindungi, Indonesia Maju, peringatan Hari Anak Nasional (HAN) ke-40 pada tahun 2024 ini, pusatkan di Papua yang dihadiri oleh Bapak Presiden Republik, Indonesia dan Ibu Negara Republik Indonesia serta Ibu Wakil Presiden Republik Indonesia, Menteri Kabinet Indonesia Maju, Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju dan Para Ketua PKK Provinsi se-Indonesia.

Di Kabupaten Purwakarta peringatan HAN 2024, dipusatkan di Bale Sawala Yudhistira, Selasa 23 Juli 2024 dihadiri Penjabat Bupati Purwakarta Benni Irwan, Bunda Paud Purwakarta, Kadis Pendidikan, Kadis Sosial PA, Kadis Nakertrans, Kadis PMD, Kadisdukcapil, dewan pengawas pendidikan, Ketua Himpaudi, Ketua IGRA, IDI serta hadiri sebanyak 500 anak diantaranya PAUD 50, SD 150, SLTP 300, dan di tontonan melalui live TVRI atau link streaming kanal YouTube di sekolah tingkat Paud, SD, SLTP se-Kabupaten Purwakarta.

Dalam sambutanya Penjabat Bupati Purwakarta Benni Irwan mengatakan, pada tahun 2024 ini, Hari Anak Nasional memasuki peringatan yang ke-40 dengan tema Anak Terlindungi Indonesia Maju dan sub-tema Suara Anak Membangun Bangsa serta tagline Bergembira Bersama Presiden dan Ibu Negara.

Tema ini mengingatkan kita akan pentingnya perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak sebagai fondasi utama dalam membangun bangsa yang kuat dan berdaya saing. Anak-anak adalah aset dan harta yang paling berharga bagi bangsa ini.

"Mereka adalah generasi penerus yang akan melanjutkan perjuangan kita untuk memajukan Indonesia. Oleh karena itu, melindungi hak-hak anak, memberikan mereka pendidikan yang layak, dan memastikan mereka tumbuh dan berkembang secara optimal adalah tanggung jawab kita bersama. Tema tersebut mencerminkan komitmen untuk menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung bagi anak-anak kita," kata Benni Irwan.

Benni menambahkan, pihaknya ingin memastikan bahwa setiap anak Indonesia mendapatkan perlindungan dari segala bentuk kekerasan, dari segala bentuk diskriminasi dan eksploitasi, hanya dengan cara inilah kita bisa membangun fondasi yang kuat bagi masa depan bangsa Indonesia. 

Melalui berbagai program dan inisiatif yang telah dan akan kita laksanakan, diharapkan dapat menciptakan generasi muda yang sehat, generasi muda yang cerdas, berkarakter, dan siap bersaing di kancah global.

"Kami berharap anak-anak Indonesia tidak hanya terlindungi secara fisik, tetapi juga memiliki kesempatan yang sama untuk berkembang secara akademis, emosional, dan sosial, peran kita sebagai orang tua, pendidik, pemimpin, maupun anggota masyarakat sangatlah penting dalam upaya ini," ujar Benni Irwan.

Benni juga mengajak semua pihak untuk bergandeng tangan dan bekerjasama serta saling mendukung dalam menciptakan lingkungan yang kondusif bagi anak-anak, jaga mereka dengan memberikan kasih sayang, pendidikan yang baik, dan teladan yang positif, kita harus berkomitmen untuk menghargai dan mengakui peran penting anak-anak dalam pembangunan bangsa.

Pemkab ingin memastikan bahwa setiap anak Purwakarta memiliki kesempatan untuk menyuarakan ide, pendapat, dan keinginan anak-anak. 

"Suara mereka adalah suara masa depan, dan dengan mendengarkannya, kita dapat membangun Indonesia yang lebih baik dan berkelanjutan, dengan mendengarkan suara anak-anak dan dilibatkannya mereka dalam pembangunan, kita tidak hanya membangun masa depan yang lebih baik, tetapi juga bagi seluruh bangsa Indonesia," ujar Benni Irwan.

Benni Irwan menjelaskan Kabupaten Purwakarta saat ini terus berupaya mewujudkan kabupaten layak anak sebagaimana menjadi program pemerintah pusat, sehubungan dengan itu, upaya untuk memenuhi hak anak harus terus digelorakan oleh semua pihak, baik di bidang pendidikan, kemasyarakatan, maupun oleh pemimpin pemerintahan di setiap level pemerintahannya.

"Saya ingin menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah berperan aktif dalam upaya perlindungan anak di Kabupaten Purwakarta tercinta ini," kata Benni.

Kepada para pendidik, orang tua, serta seluruh elemen masyarakat, terima kasih atas dedikasi dan kerja kerasnya dalam menciptakan lingkungan yang mendukung tumbuh kembang anak-anak kita. Namun kita juga harus menyadari bahwa masih banyak tantangan yang perlu kita hadapi bersama. Kasus kekerasan terhadap anak, eksploitasi, serta kurangnya akses terhadap pendidikan dan layanan kesehatan masih menjadi pekerjaan rumah besar bagi kita semua.

"Saya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terus meningkatkan kepedulian dan tindakan nyata dalam melindungi anak-anak kita. Kepada anak-anak saya berpesan agar kalian terus semangat dalam belajar, beranilah bermimpi dan pantang menyerah. Kalian adalah harapan bangsa dan masa depan Indonesia ada di tangan kalian," ujarnya.

Benni Irwan berpesan, "Jadilah kalian anak-anak yang bertakwa, dan berprestasi, serta anak-anak yang memiliki budi pekerti yang luhur, serta bersama-sama berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi anak-anak kita dengan perlindungan dan perhatian yang maksimal, seraya berharap anak-anak Indonesia akan tumbuh menjadi generasi yang unggul, siap bersaing, dan mampu membawa Indonesia menuju kemajuan yang gemilang," kata Benni.

"Selamat Hari Anak Nasional Tahun 2024. Semoga anak-anak Purwakarta menjadi generasi terbaik, penerus cita-cita bangsa yang berakhlak mulia. Dan semoga Allah SWT senantiasa memberikan bimbingan dan perlindungan kepada kita semua," tambah Benni Irwan. (Diskominfo Purwakarta)