Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika serta jajaran Pemda Kabupaten Purwakarta, menerima kunjungan Anggota Komisi X DPR RI, Popong Otje Djundjunan dan Titik Prasetyowati setelah memantau persiapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) ke beberapa sekolah di Purwakarta.

Dihadapan anggota Komisi X, Anne menuturkan bahwa Kabupaten Purwakarta siap menggelar UNBK 2019. Walaupun secara kesiapan dari fasilitas seperti komputer belum 100 %.

"Walaupun belum 100 % karena masih ada sekolah yang belum memiliki komputer secara mandiri, tetapi kami siap laksanakan UNBK," ungkap Bupati yang biasa disapa Ambu Anne disela kunjungan Anggota Komisi X, di Bale Nagri Purwakarta, Kamis (14/3/2019).

Anne mengatakan dengan begitu, untuk 2020 dirinya bersama Dinas Pendidikan Purwakarta menargetkan bahwa pelaksanaan UNBK di Purwakarta bisa 100 %.

Sebelumnya Dinas Pendidikan, melansir persiapan UNBK di Kabupaten Purwakarta baru mencapai 81 %, baik sekolah Negeri maupun Swasta.

"Kami targetkan bisa 100 persen, karena pendidikan adalah salah satu fokus kami, karena bukan hanya infrastruktur, sarana dan prasarana sekolah, pendidik pun kita dorong untuk memenuhi standar," kata Anne.

Sedangkan menurut anggota Komisi X DPR RI, Popong Otje Djundjunan atau yang biasa disapa Ceu Popong mengaku bahwa pihaknya dengan sengaja membuat jadwal untuk memantau langsung kesiapan UN. Walaupun menurutnya setiap tahun terus dilakukannya.

"Kami punya kewajiban untuk melihat dengan mata kepala sendiri, dengar dan tanya sendiri sampai dimana persiapannya.," kata Ceu Popong

Dia menjelaskan saat ini sejumlah anggota Komisi X memang sedang berkeliling ke daerah-daerah untuk tujuan serupa. Akhir-akhir ini sedang berada di wilayah Jawa Barat karena daerah lain telah disambangi sebelumnya.

Setelah berkunjung ke tiga sekolah di Purwakarta, Ceu Popong menilai bahwa persiapan UN yang berbasis komputer maupun kertas pensil telah baik.

"Pada umumnya SMP dan SMA sudah bagus dalam hal persiapannya. Hanya saja sarana dan prasarana, serta bangunannya harus masih ditingkatkan," ucapnya.

Selain Ceu Popong, hadir pula anggota komisi X DPR RI lain yang mendampinginya, yaitu Titik Prasetyowati, serta rombongan dari Kementerian Pendidikan dan jajaran Pemda Purwakarta. (*)