Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Purwakarta tengah mengerjakan perbaikan jalan Pasirdatar yang menghubungkan Kecamatan Darangdan dan Bojong.

Diketahui sebelumnya, puluhan warga yang tinggal Kampung Pasirdatar, Desa Pasirangin, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta, menggelar aksi memasang tanaman di jalan desa pada Minggu, 25 Agustus 2024.

Aksi itu dilakukan sebagai bentuk protes terhadap kondisi jalan di wilayah mereka yang sudah lama rusak dan tak kunjung diperbaiki.

Kepala Dinas PUTR Kabupaten Purwakarta, Ryan Oktavia menyebutkan bahwa pihaknya langsung gerak cepat melakukan perbaikan sementara jalan di desa tersebut.

"Kurang dari 24 jam, kami langsung berupaya menutup lubang-lubang dan melakukan pengeresan terhadap jalan yang rusak," kata Ryan di Kantor Dinas PUTR Purwakarta, Selasa 27 Agustus 2024.

Ia mengatakan bahwa ada 300 meter jalan yang diperbaiki di desa tersebut. "Untuk kerusakan jalan itu ada 3 Km. Namun, yang mengalami kerusakan parah sekitar 300 meter, dan itu yang saat ini kami perbaiki," ucapnya.

Perbaikan jalan tersebut, lanjut dia, diperbaiki dengan bahan cadangan. "Perbaikan jalan tersebut menggunakan dana cadangan, untuk selanjutnya, akan kami lanjutkan perbaikan dengan hotmik dan sejumlah titik-titik kerusakan lainnya juga akan diperbaiki dengan rencana yang kami anggarkan pada APBD Perubahan," kata Ryan. (Diskominfo Purwakarta)