Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta menerima penghargaan Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme (RAN PE) 2020-2024 dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). 

Penyerahan penghargaan diselenggarakan dalam acara Penganugerahan Penghargaan Pelopor Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme di Indonesia dengan tajuk, RAN PE Awards 2024 ini dilaksanakan di The Westin Jakarta, Jl. H. R. Rasuna Said No.Kav.C-22A, Karet Kuningan, Jakarta pada Senin 19 Agustus 2024.

Penghargaan RAN PE Awards 2024 diterima Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Purwakarta Norman Nugraha mewakili Pj Bupati Purwakarta Benni Irwan yang diserahkan oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin.

Pemkab Purwakarta menerima penghargaan RAN PE Awards dengan kategori Inisiator dan Berkomitmen Dalam Pelaksanaan RAN PE.

Sekda Kabupaten Norman Nugraha mengatakan diterimanya penghargaan RAN PE Awards 2024 ini semakin menegaskan pentingnya sinergitas dengan seluruh stakeholder baik pemerintah pusat, forkopimda provinsi maupun kabupaten/ kota serta organisasi masyarakat dalam rangka antisipasi ancaman radikalisme dan terorisme.

Sinergitas menghasilkan sikap toleransi dan gotong royong antar seluruh elemen untuk mencegah aksi terorisme dan paham radikalisme di Indonesia, khususnya di Kabupaten Purwakarta.

"Kita patut bersyukur mendapat apresiasi dari BNPT. Ini sekaligus menunjukan bahwa nilai toleransi telah tertanam di tengah keberagaman masyarakat Kabupaten Purwakarta," kata Norman, Senin 19 Agustus 2024.

Norman menuturkan, penghargaan RAN PE Awards 2024 bisa diterima karena Pemkab Purwakarta dinilai berkomitmen mencegah paham ekstrem dan radikal, salah satunya melalui regulasi, yakni Peraturan Bupati Purwakarta Nomor 114 Tahun 2023 Tentang Rencana Aksi Daerah Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme Tahun 2023-2024.

"Perbup Nomor 114 tahun 2023 ini merupakan implementasi Pemkab Purwakarta menindaklanjuti Perpres Nomor 7 Tahun 2021," jelas Norman.

Norman menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah berupaya keras untuk mewujudkan perlindungan dan rasa aman warga di Kabupaten Purwakarta.

Pemkab Purwakarta terus bertekad dan berkomitmen untuk menjaga kondusivitas dengan berkolaborasi berbagai pihak di Kabupaten Purwakarta.

"Mewakili bapak Pj Bupati Purwakarta Benni Irwan dan atas nama Pemkab Purwakarta, saya mengucap terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung rencana aksi nasional pencegahan dan penanggulangan ekstremisme berbasis kekerasan yang mengarah pada terorisme hingga Kabupaten Purwakarta bisa meraih penghargaan RAN PE Awards 2024 ini," kata Norman Nugraha. (Diskominfo Purwakarta)