Bupati Purwakarta Benni Irwan memberikan motivasi kepada 52 pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) Kabupaten Purwakarta tahun 2024 yang usai dikukuhkan pada Kamis malam, 15 Agustus 2024.

Mengutip kata bijak dari Buya Hamka, Benni Irwan meminta anggota Paskibraka Kabupaten Purwakarta jangan takut jatuh, karena yang tidak pernah memanjatlah yang tidak pernah jatuh.

Jangan takut gagal, karena orang-orang yang tidak pernah melangkahlah yang tidak pernah merasakan kegagalan. 

Jangan takut salah karena dengan kesalahan yang pertama kita dapat menambah pengetahuan untuk mencari jalan yang benar pada langkah yang kedua.

"Kesempurnaan hanya milik Allah semata. Kiranya segala kekeliruan dan kekurangan dalam proses latihan dapat menjadi pelajaran untuk perbaikan di masa yang akan datang," kata Pj Bupati Purwakarta Benni Irwan dalam sambutannya pada agenda pengukuhan Paskibraka di Pendopo Purwakarta, Kamis malam, 15 Agustus 2024.

Benni mengucapkan selamat kepada 52 anggota Paskibraka Kabupaten Purwakarta Tahun 2024 yang baru saja dikukuhkan.

Rasa bangga juga diungkapkan Benni kepada anggota Paskibraka karena tidak semua orang mampu, tidak semua orang memiliki tekat dan mental yang kuat rela dengan tulus dan ikhlas mendedikasikan dirinya melawan cuaca dan terpaan sinar matahari berlatih dari hari ke hari demi mengibarkan sang saka merah putih. 

"Jiwa dan mental seperti inilah kami harapkan dimiliki oleh setiap generasi penerus Kabupaten Purwakarta kelak," ucap Benni.

Ia pun mendoakan semoga putra putri kebanggaan Kabupaten Purwakarta yang baru dikukuhkan dapat mengemban amanah dan melaksanakan tugasnya dengan baik, terutama dalam upacara Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia akan dilaksanakan besok lusa, 17 Agustus 2024.

Perlu diketahui, bahwa dalam kehidupan itu tidak pernah ada hari yang sama. Hari ini pasti berbeda dengan hari kemarin dan hari esok hampir pasti berbeda dengan hari ini. Maka orang yang bijak dan tegas akan menggunakan setiap hari yang dilaluinya untuk berbuat sesuatu yang terbaik. Demikian pula dengan tugas dan amanah yang akan diemban esok lusa berbeda dengan hari-hari kalian sebelumnya.

"Agar tidak menjadi manusia yang merugi sebagai patriot dan sebagai putra bangsa terpilih laksanakan tugas yang luar biasa itu pada tanggal 17 Agustus yang akan datang," tegas Benni.

Kepada anggota Paskibraka Benni meminta jadikanlah apa yang dialami selama dilatih dan digembleng beberapa minggu ini sebagai bagian proses meraih cita-cita.

Tidak ada jalan yang mudah untuk mencapai cita-cita yang besar, untuk mencapai cita-cita yang luhur dan untuk mencapai cita-cita yang mulia.

Sebagai putra-putri terpilih, Benni pun berharap anggota Paskibraka dapat menjadi teladan bagi generasi muda lainnya, dengan terus menebarkan praktik-praktik baik dalam kehidupan dan terus tetap berkontribusi positif dalam membangun bangsa, memajukan negeri dan membanggakan negara di masa depan.

"Kalian harus memiliki wawasan yang luas, mampu berpikir global namun tetap berperilaku sesuai kearifan lokal dalam kehidupan selanjutnya sebagai upaya mempertahankan jati diri bangsa Indonesia dalam menghadapi kekurangan kemajuan teknologi dan kompleksitas globalisasi yang sudah menjadi suatu keniscayaan saat ini dan di masa yang akan datang," jelasnya.

Benni mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada bapak dan ibu seluruh orangtua anggota Paskibraka yang dengan tanpa lelah mendoakan dan mendorong anak-anaknya, sehingga mampu bertahan dalam proses seleksi dan latihan yang sangat berat hingga saat ini mereka dapat berdiri tegak dalam pengukuhan ini.

"Penghargaan dan terima kasih yang sama saya juga sampaikan kepada para pembina, pembimbing, pelatih dan para panitia atas jerih payah dan kesabarannya selama proses latihan berlangsung," kata Benni Irwan. (Diskominfo Purwakarta)