Pemerintah Kabupaten (Pemkab) terus melakukan peningkatan mutu dan kualitas para Aparatur Sipil Negara (ASN). Tidak hanya terkait pengetahuan, Pemkab Purwakarta juga berusaha menanamkan nilai-nilai spiritualitas, serta meningkatkan semangat dan jiwa melayani bagi setiap ASN.

Banyak upaya yang dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut, salah satunya Pemkab Purwakarta melaksanakan Emotional Spiritual Quotient (ESQ) Training yang digelar di Hotel Harper Purwakarta, Rabu 10 Juli 2024.

Penjabat Bupati Purwakarta Benni Irwan mengatakan, ESQ Training dilaksanakan dalam momen peringatan Hari Jadi Purwakarta ke-193 dan ke-56 Kabupaten Purwakarta.

"ESQ merupakan sebuah pendekatan atau metode yang mendorong sinergi dalam mewujudkan keseimbangan antara kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ)," kata Benni.

Benni menjelaskan, metode ESQ bertujuan untuk membantu seseorang mencapai keselarasan antara hubungan horizontal (manusia dengan manusia) dan vertikal (manusia dengan Tuhan).

Dengan dilaksanakannya ESQ Training ini, diharapkan para ASN mampu menerapkan konsep BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif), sebagai Core Values ASN, yang menjadi tonggak penguatan ASN, baik di pusat maupun daerah. "Melalui ESQ Training ini juga diharapkan dapat meningkatnya kecerdasan emosional dan spiritual seluruh peserta yang hadir," jelas Benni.

Tidak hanya itu, ESQ Training juga untuk memperkuat karakter dan akhlak para ASN di Pemkab Purwakarta, sehingga dapat memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. 

Benni menegaskan menjadi seorang ASN dengan jabatan yang diemban harus mampu memposisikan diri dengan baik dan profesional sesuai tugas dan jabatan. "Saya berharap tujuan dilaksanakan kegiatan ini bisa tercapai secara optimal dan pada gilirannya para ASN dapat memberikan kontribusi yang besar untuk pembangunan Kabupaten Purwakarta," kata Benni Irwan.

Untuk diketahui, selain dihadiri para ASN atau pejabat di lingkup Pemkab Purwakarta, ESQ Training ini juga dihadiri para Kepala Desa dan Lurah se-Kabupaten Purwakarta, serta jajaran Baznas Provinsi Jawa Barat dan Baznas Kabupaten Purwakarta. ESQ Training terselenggara berkat kolaborasi antara Pemkab Purwakarta dengan Baznas Kabupaten Purwakarta. (Diskominfo Purwakarta)