Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Purwakarta, akan memanfaatkan keberadaan Linmas sebagai pasukan khusus, terutama dalam menjaga kemanan dan lingkungan wilayahnya.

Kabid Linmas, Satpol PP Purwakarta, Bayu Permadi menuturkan, pembentukan pasukan khusus Linmas ini sengaja dibentuk, tidak lain agar anggota linmas memiliki peran dalam menjaga ketertiban umum.

"Supaya menjadi pasukan khusus kita akan berikan pelatihan khusus," ujar Bayu di kantor Satpol PP Purwakarta, Jl. Gandanegara, Rabu (3/7/2019).

Selain itu, dibentuknya linmas sebagai pasukan khusus, ingin merubah imej Linmas yang sering kali disebut sebagai pasangan drum, padahal menurut Bayu fungsi Linmas bukan bekerja ketika ada acara hajatan, tetapi lebih pada menjaga ketertiban dan keamanan wilayah lingkungannya.

"Kita ingin rubah pandagan itu, saya kira jangan memandang sebelah linmas karena fungsi dan tugasnya sangat memberikan manfaat," katanya.

Bayu menjelaskan, di wilayahnya saat ini ada sebanyak 2.880 petugas linmas. Dengan rincian, setiap desa 15 orang. Selama ini, mereka bertugas dan loyal untuk membantu kegiatan desa dan lingkungan masing-masing. 

Bahkan dalam beberapa kegiatan termasuk ketika ada bencana, linmas sering kali ikut serta dan membantu termasuk dalam kegiatan sosial

"Nah, kedepan kita akan tingkatkan kualitasnya. Baik dari sisi kedisiplinannya, hingga loyalitasnya terhadap keamanan negara," jelas dia.

Nantinya Linmas akan dilatih untuk berpatroli keliling kampung secara bergantian. Jadi, seragam mereka tak hanya dipakai jika ada acara-acara tertentu saja. Tapi, harus dipakai sehari-hari selama bertugas.

"Nanti juga kita bekali mereka surat tugas," kata dia.

Untuk sementara Linmas akan dilatih oleh internal Satpol PP. Kedepan, bukan tidak mungkin dalam pelatihan mereka, pihaknya akan melibatkan tenaga profesional dari unsur TNI/Polri.

Bahkan pihaknya juga akan mengupayakan peningkatan kesejahteraan linmas, apalagi setelah terbentuk pasukan khusus. Adapun untuk honorarium tiap bulan mendapatkan honor tugas dari pemerintah.

"Nanti kan tugas mereka tambah berat. Jadi, kesejahteraannya pun harus diperhatikan. Ini sedang kami upayakan, mudah - mudahan terealisasi," ujar dia.

Dia menambahkan, pembentukan pasukan khusus linmas ini sepertinya akan realisasi pada Agustus mendatang. Dia berharap, peran petugas Linmas nantinya bisa lebih maksimal membantu persoalan di masyarakat. (*)