Ketua TP PKK Entin Suhartani mengharapkan perempuan Purwakarta harus kuat dan mandiri, hal itu menurutnya bagian dalam mewujudkan pembangunan Purwakarta Istimewa. Bahkan Menurutnya Kartini bisa menjadi sosok inspiratif dalam kehidupan di keluarga maupun di masyarakat.

 "seorang Kartini adalah sosok seorang Pahlawan Nasional Indonesia. Dan bagaimana sejarah tentang Kartini dan apa saja kutipan inspiratif Kartini yang dapat memotivasi perempuan." Ujar Entin dalam sambutannya di peringatan Hari Kartini ke 140 di Bale Sawala Yudistira. Senin, (22/04/2019).

Bahwa dalam perjuangannya menuntut hak perempuan atas hak mendapat pendidikan dan berpartisipasi dalam kegiatan publik menjadi pintu gerbang kesuksesan perempuan hingga sekarang ini. Maka sudah sepatutnya tanggal 21 April yang merupakan hari kelahiran R.A. Kartini diperingati untuk mengenang jasa tokoh pencetus kesetaraan gender ini.

Sementara itu menurut Asisten Daerah  1 Entis Sutisna, yang mewakili Bupati Purwakarta  semangat Kartini menjadi teladan bagi perempuan Indonesia. Bahwa dalam memperjuangkan kesetaraan, tetapi tidak melupakan kodratnya sebagai perempuan.

Menurutnya bukan hanya mengutamakan keterampilan saja, melainkan tetap menempatkan dirinya sebagai perempuan yang harus membina keluarga dan mendidik putra-putrinya. Menjadi Ibu yang yang memiliki kewajiban meluruskan jiwa dan semangat juang Kartini kepada anak-anaknya.

"Sehingga kelak akan muncul kartini-kartini masa depan yang akan meningkatkan harkat dan derajat kaum wanita bersama-sama dengan kaum laki-laki membina keluarga dan membangun masyarakat, bangsa dan negara." Ujar dia (*)