Pasanggrahan Padjadjaran atau Alun-alun Kabupaten Purwakarta berlangsung khidmat dan sukses pada Sabtu 17 Agustus 2024.

Pj Bupati Purwakarta Benni Irwan secara langsung memimpin jalannya upacara peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia tingkat Kabupaten Purwakarta tahun 2024.

Upacara turut dihadiri oleh anggota DPRD hingga berbagai elemen masyarakat, termasuk aparat TNI-Polri. Selain itu, ratusan tamu undangan dari kalangan ASN, tokoh agama, tokoh masyarakat, hingga tokoh pemuda turut hadir untuk merayakan momen bersejarah ini.

Prosesi pengibaran bendera merah putih pada pelaksanaan upacara peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia tingkat Kabupaten Purwakarta ini berjalan lancar dan sukses. 

Mengawali sambutannya, Pj Bupati Purwakarta Benni Irwan mengajak peserta upacara dan para tamu undangan memberikan aplaus (tepuk tangan) kepada Paskibraka yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik.

"Terima kasih banyak atas pelaksanaan tugas pagi hari ini kecakapan dan keterampilan adek-adek semua tidak kalah dengan Paskibraka tingkat Nasional," ucap Benni Irwan, Sabtu 17 Agustus 2024.

Melanjutkan sambutannya, Benni menjelaskan, pada hari ini, tepat 79 tahun yang lalu, Indonesia menyatakan diri sebagai sebuah negara merdeka. Merdeka dari segala penjajahan fisik dan mental kolonialisme yang telah beratus tahun dirasakan bangsa ini.

Kemerdekaan yang dinikmati saat ini merupakan hasil perjuangan tanpa henti para pahlawan yang telah mengorbankan segalanya demi mengusir penjajah dari bumi pertiwi. Meski dalam keadaan sulit, para pahlawan tetap teguh dan terus mengobarkan harapan dalam perjuangan mereka.

Dengan semangat gotong royong dan persatuan, para pahlawan berjuang habis-habisan demi kemerdekaan dan mempertahankan kedaulatan bangsa.

"Semangat pengorbanan, ketangguhan dan persatuan mereka harus terus kita jaga dan kembangkan sebagai kekuatan untuk menghadapi berbagai tantangan dan persoalan yang semakin berat di masa yang akan datang. Tantangan tersebut meliputi berbagai aspek kehidupan kita, seperti ekonomi, inflasi, digitalisasi, kemiskinan, penyalahgunaan narkoba, sampai kepada bencana alam," kata Benni.

"Melalui semangat optimisme seluruh bangsa, kita harus bersatu dan bersinergi untuk mewujudkan harapan bersama menuju Indonesia Maju," sambungnya.

Kemerdekaan tersebut merupakan anugerah yang harus disyukuri melalui berbagai program dan kegiatan positif dalam rangka mewujudkan amanat luhur perjuangan, yaitu untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial sebagaimana termaktub dalam pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.

Indonesia telah mengalami pasang surut kehidupan dalam berbangsa dan bernegara. Indonesia pernah mengalami berbagai konflik yang mengancam disintegrasi bangsa.

"Namun kembali, ideologi Pancasila dan semangat dalam merawat kemerdekaan semakin mendewasakan kita dengan Pancasila kita menjadi inspirasi dunia," katanya.

Dalam proses transisi dan transformasi menyongsong masa depan dan harapan peradaban Indonesia maju menuju Indonesia Emas 2045, bangsa Indonesia dituntut untuk kuat dan bersatu dalam keberagaman, mandiri berkecukupan dalam pangan energi dan ekonomi, serta berkepribadian dalam budaya dan kemajuan peradaban.

Hal ini sesuai dengan tema peringatan hari kemerdekaan tahun 2024 ini, yaitu Nusantara Baru Indonesia Maju.

Tema ini mengandalkan momen penting dalam sejarah bangsa, dimana tidak hanya merayakan kemerdekaan, tetapi juga menyambut era baru dengan kehadiran Ibu Kota Nusantara (IKN) dan pergantian kepemimpinan pemerintahan. Nusantara Baru adalah simbol dari transformasi besar yang tengah dijalani. 

"Sebagai bangsa kepulauan, persatuan adalah pondasi utama yang harus kita pegang teguh," tutur Benni.

Pada kesempatan itu, Benni juga mengajak semua pihak untuk mengejawantahkan esensi kemerdekaan dalam pembangunan kewilayahan. Purwakarta telah berdiri selama 193 tahun sebagai kota dan 56 tahun sebagai kabupaten.

Tentunya waktu itu bukan waktu yang singkat. Dalam kurun waktu tersebut, cita-cita kemerdekaan masih diperjuangkan hingga saat ini.

Sesuai dengan tema Hari Jadi Purwakarta tahun ini, yaitu derap langkah membangun karsa, maka setiap langkah yang dilakukan memiliki semangat perubahan yang mulia untuk menghasilkan karya demi kemajuan bangsa dan negara.

Demikian pula halnya dengan visi jangka panjang Kabupaten Purwakarta, yakni menjadi Kabupaten Purwakarta yang maju, mandiri, dan berkelanjutan dalam 20 tahun ke depan.

"Visi ini hendaknya tidak hanya sekedar menjadi slogan semata, namun harus diwujudkan melalui langkah-langkah nyata, program pembangunan yang terukur, serta kolaborasi yang erat antara pemerintah, dunia usaha, masyarakat, dan segenap stakeholder pembangunan lainnya," tegas Benni.

Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2024 ini merupakan peringatan dalam masa transisi sebelum Kabupaten Purwakarta dipimpin oleh Bupati definitif hasil pemilihan kepala daerah serentak.

"Sebagai Penjabat Kepala Daerah beserta seluruh jajaran, kami bertugas untuk memastikan tetap berjalannya roda pemerintahan, perlaksanaan pembangunan dan pelayanan publik sebagaimana mestinya," ujarnya.

Selain itu, dalam waktu yang bersamaan juga berupaya meningkatkan pendapatan asli daerah, merealisasikan belanja anggaran pendapatan belanja daerah secara proporsional dan bertahap melalui program-program pembangunan, serta mendorong efisiensi dan efektivitas penggunaan anggaran agar lebih tepat sasaran dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Untuk itu, dalam kesempatan yang baik ini, Benni mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkolaborasi dan bekerjasama dalam mendukung pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Purwakarta.

Mudah-mudahan sampai dengan akhir tahun 2024 ini, semua target capaian pembangunan daerah dapat terrealisasi secara optimal sesuai dengan harapan kita semua.

Secara khusus dalam menyongsong pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak yang telah menunggu di depan mata demi menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan keberlangsungan hidup berbangsa dan bernegara yang baik, Benni mengimbau agar semua pihak dapat menjaga kondusivitas wilayah masing-masing.

"Saya juga mengajak semua pihak untuk mematuhi dan mengikuti aturan perundang-undangan yang berlaku, sehingga setiap tahapan pemilihan kepala daerah serentak ini dari awal sampai akhir dapat berlangsung dengan tertib aman dan damai," kata Benni Irwan. (Diskominfo Purwakarta)