Penjabat Bupati Purwakarta Benni Irwan menghadiri undangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur, Selasa 13 Agustus 2024 lalu.

Kehadiran Benni Irwan bersama kepala daerah lainnya se-Indonesia untuk mendengarkan arahan secara langsung dari Presiden Jokowi.

Turut hadir mendampingi Presiden, antara lain, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian, Menteri PUPR/Plt. Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Basuki Hadimuljono, Wakil Menteri ATR/BPN/Plt. Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Raja Juli Antoni, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, dan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Penjabat Bupati Purwakarta Benni Irwan mengatakan ada beberapa hal yang disampaikan Presiden Jokowi kepada kepala daerah, baik gubernur, wali kota serta Bupati se-Indonesia yang hadir di IKN.

Pertama, ada perbedaan mendasar antara Istana Negara baru di IKN dengan istana-istana lain, seperti Istana Merdeka, Istana Negara yang ada di Jakarta, dan Istana Bogor, yang selama ini jadi pusat pemerintahan, yakni Istana Negara di IKN merupakan hasil karya bangsa Indonesia, yang patut dibanggakan.

"Presiden Jokowi juga mengatakan IKN adalah gambaran kota masa depan dengan konsep forest city dan smart city, dimana dalam aktivitas akan didukung oleh teknologi informasi, sehingga IKN akan menjadi kota yang nyaman untuk dihuni," Benni, Kamis 15 Agustus 2024.

Yang kedua, kata Benni, Presiden Jokowi juga membahas pencapaian positif dalam pengendalian inflasi. Inflasi nasional saat ini berada di angka 2,13 persen, turun dari yang sebelumnya pada angka 2,58 persen. 

Kaitannya dengan pengendalian inflasi, Presiden Jokowi juga menekankan pentingnya mempercepat realisasi APBD untuk mendukung daya beli masyarakat.

Terakhir, tambah Benni, Presiden Jokowi juga menyoroti pentingnya persiapan Pilkada serentak yang akan dilaksanakan pada bulan November 2024 mendatang.

"Bapak Presiden mengingatkan Pemerintah Daerah agar mempersiapkan anggaran KPU, Bawaslu dan keamanan, serta segera disalurkan agar pelaksanaan Pilkada berjalan lancar," kata Benni Irwan. (Diskominfo Purwakarta)