Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Mahendra Sinulingga bersama Penjabat Bupati Purwakarta Benni Irwan membuka event ITB Jatiluhur International Triathlon tahun 2024 di kawasan Waduk Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Minggu 11 Agustus 2024.

ITB Jatiluhur International Triathlon merupakan event yang sudah menjadi agenda tahunan untuk dilaksanakan di Kabupaten Purwakarta. Dimana tahun lalu sukses digelar pada Januari 2023.

"ITB Jatiluhur International Triathlon tahun ini dilaksanakan bulan Agustus karena kita menyesuaikan juga dengan agenda-agenda event yang sama, baik di tingkat nasional maupun ditingkat internasional, dan pagi ini terselenggara kegiatan yang sama untuk yang kedua kalinya," kata Pj Bupati Purwakarta Benni Irwan saat diwawancarai awak media, Minggu 11 Agustus 2024.

Benni mengaku sangat senang dan mengapresiasi pihak panitia ITB Jatiluhur International Triathlon 2024, pasalnya jika dibanding dengan tahun yang lalu peserta jauh meningkat di tahun ini.

Peserta yang turut ambil bagian berasal dari tingkat nasional maupun internasional dan ada lima negara tetangga yang ikut berpartisipasi pada event tahun ini.

"Event ini digelar sekaligus memperingati HUT ke-79 Republik Indonesia kemudian juga dirangkaikan dengan Hari Jadi Purwakarta ke-193 dan ulang tahun PJT yang ke-57," jelas Benni.

Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta, Benni mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para partisipan peserta ITB Jatiluhur Internasional Triathlon 2024 yang sudah kembali meramaikan kegiatan di Kabupaten Purwakarta.

Rasa terima kasih juga disampaikan Benni kepada seluruh sponsor utama BUMN, yakni Pertamina dan PLN serta Bank BJB juga yang telah mensupport pelaksanaan ITB Jatiluhur Internasional Triathlon 2024.

"Kita berharap event ini akan terus terlaksana untuk tahun mendatang, dan mohon support semua pihak agar kegiatan ini betul-betul bisa direalisasikan dari tahun ke tahun di masa yang akan datang," ucap Benni.

Benni mengungkapkan, event ITB Jatiluhur International Triathlon sangat bermanfaat bagi masyarakat demikian juga bagi pemerintah daerah.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan mempertimbangkan beberapa hal, yakni ingin memajukan dan mengedepankan aspek pariwisata yang ada di Purwakarta salah satunya di Waduk Jatiluhur.

Dengan adanya event-event yang mengedepankan pariwisata ini secara tidak langsung juga akan mendongkrak perekonomian masyarakat yang ada di Purwakarta. 

Seperti dilihat pada hari ini beberapa UMKM binaan kecamatan, binaan Pemda Kabupaten demikian juga yang dibina oleh BUMN sendiri dapat bersama-sama dengan masyarakat memeriahkan kegiatan ini.

Hadirnya UMKM pada event ini dengan sendirinya tentu akan ada peningkatan pendapatan setidak-tidaknya untuk hari ini. "Kita mengharapkan UMKM selalu dilibatkan, sebagai bentuk dukungan dari pemerintah dan BUMN juga kepada UMKM yang ada di daerah daerah khususnya di Kabupaten Purwakarta. Jadi akan ada semarak dengan hadirnya UMKM yang akan memenuhi kebutuhan peserta, kebutuhan para pendatang selama event berlangsung," kata Benni Irwan.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Beni Yusron mengaku bersyukur ITB Jatiluhur International Triathlon 2024 berjalan dengan lancar. Untuk jumlah peserta yang mengikuti ITB Jatiluhur International Triathlon 2024 sebanyak 211 orang yang berasal dari lima negara.

"Kami berharap event yang kedua ini merupakan tonggak untuk melaksanakan event ITB Jatiluhur Internasional Triathlon yang ketiga, keempat, kelima dan seterusnya," katanya.

Ia menambahkan, ITB Jatiluhur International Triathlon tidak hanya masalah olahraga, tapi ingin memberi manfaat kepada masyarakat sekitar yang tidak ikut berolahraga secara langsung. "Pelaksanaan event ini akan bermanfaat juga bagi UMKM, baik kuliner, souvenir, pakaian hingga hotel di Purwakarta penuh," kata Beni Yusron. (Diskominfo Purwakarta)