PURWAKARTA - Minat baca masyarakat yang makin tinggi mendorong Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Purwakarta terus melengkapi berbagai jenis dan tema buku bacaan.

Sebagai salah satu institusi strategis penyedia bacaan sumber ilmu pengetahuan dan sumber informasi publik, dari ribuan judul koleksi buku yang sudah ada, Perpusda Purwakarta masih memandang perlu untuk terus melengkapi dan memperbarui koleksinya.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta, melalui Dinas Arsip dan Perpustakaan (Disarpus) dan perpustakaan daerah terus berusaha memenuhi minat baca masyarakat yang semakin meningkat tersebut. 

"Berbagai judul dan jenis buku bacaan terus dilengkapi. Itu untuk memastikan masyarakat mendapatkan buku bacaan berdasarkan kebutuhan dan minat baca yang makin tinggi dan beragam," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Purwakarta, Rudi Hartono, Jumat, 9 Agustus 2024.

Data dari Dinas Arsip dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Purwakarta menyebutkan, jenis buku yang paling diminati atau favorit masyarakat yang mengunjungi Perpusda Purwakarta adalah buku-buku bertema sastra, seni, olahraga dan buku agama. 

Jumlah buku dengan tema-tema tersebut yang dipinjam atau dibaca para pengunjung mencapai 4.722 buku.

Berikutnya yang banyak menarik minat pengunjung adalah buku-buku tentang filsafat, psikologi, ilmu-ilmu sosial, ilmu pengetahuan, matematika, bahasa, geografi, sejarah, teknologi dan ilmu-ilmu terapan yang mencapai 1.412 buku.

"Buku-buku itu menjadi pilihan favorit masyarakat yang mengunjungi Perpusda Purwakarta. Kita akan terus melengkapi berbagai tema buku dengan menjaring aspirasi atau usulan dari masyarakat," kata Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Purwakarta, Asep Supriatna.


Belasan Ribu Judul Koleksi Buku

Asep mengatakan, koleksi buku di perpustakaan daerah Purwakarta yang sudah ada masih sangat mencukupi untuk memenuhi tingginya minat baca tersebut.

Saat ini, lanjut Asep, total jumlah buku koleksi Perpusda Purwakarta mencapai 12.714 judul, yang terdiri dari koleksi judul buku sebanyak 11.135 judul, buku digital (E-Book) sebanyak 1.420 judul dan cakram optik digital (CD) sebanyak 159 judul.

"Meski jumlah koleksinya sudah sangat besar untuk ukuran perpustakaan daerah, namun kita masih terus berupaya keras untuk terus memperbarui dan menambah jumlah koleksi yang sudah ada. Kita ingin sumber pengetahuan dan informasi terbaru bisa menambah koleksi tersebut," ujar Asep.

Asep mengatakan, upaya memperlengkap dan memperbarui koleksi buku di perpusda sekaligus sebagai tindak lanjut arahan Penjabat (Pj) Bupati Purwakarta yang meminta agar minat baca dan budaya literasi di Purwakarta semakin meningkat.

"Pj Bupati selalu mengingatkan bahwa masyarakat yang memiliki minat baca yang tinggi merupakan modal dasar strategis dalam membangun karakter manusia sebagai subjek pembangunan dan peradaban," kata Asep.

Tingginya minta baca masyarakat Purwakarta sebetulnya terkonfirmasi dari masuknya kabupaten penghasil Manggis Wanayasa itu dalam jajaran peringkat tertinggi kedua dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat. Peringkat Purwakarta hanya kalah dari Kota Bandung yang menempati peringkat pertama.

Bahkan, berdasarkan data yang diterbitkan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) 2023, Tingkat Gemar Membaca (TGM) dari 514 kabupaten/Kota di seluruh Indonesia, Kabupaten Purwakarta berada di peringkat 29 nasional jajaran daerah dengan angka TGM tertinggi. (Diskominfo Purwakarta)