Pemerintah Kabupaten Purwakarta diwakili Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Purwakarta meraih 12 penghargaan pada moment Anugerah Bangga Kencana (Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana), di puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke-31 Tingkat Provinsi Jawa Barat, yang dipusatkan di Kabupaten Cirebon, Jumat, 19 Juli 2024 lalu.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Purwakarta, Norman Nugraha menyampaikan apresiasi atas penghargaan yang diraih dan menyatakan semua penghargaan yang diraih tidak terlepas dari kerja kerasnya semua pihak dan dukungan dari masyarakat Kabupaten Purwakarta. 

"Penghargaan ini kebanggaan tersendiri bagi Kabupaten Purwakarta dan apresiasi bagi dinas terkait. Semua penghargaan ini juga tidak terlepas dari kerjasama semua pihak serta dukungan masyarakat dalam menjalankan Program Bangga Kencana," kata Norman, Selasa, 23 Juli 2024.

Sekda menyebut, belasan penghargaan yang diraih telah membuktikan bahwa Kabupaten Purwakarta sudah berhasil dalam Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana).

"Saya menilai ini capaian sangat luar biasa, bagaimana fokusnya Pemkab Purwakarta terhadap pengendalian penduduk," kata Norman. 

Sementara, Kepala DPPKB Kebupaten Purwakarta, Yayat Hidayat mengungkapkan, Pemkab Purwakarta berhasil mendominasi perolehan penghargaan di berbagai lini sektor, khususnya kebijakan pelayanan Keluarga Berencana (KB) pada ajang bergengsi tersebut.

"Kami semua sangat bangga atas pencapaian luar biasa yang baru saja diterima bersama-sama. Lebih dari itu, penghargaan ini merupakan bukti nyata dari komitmen dan kerja keras semua pihak dalam mendukung realiasi program Keluarga Berencana di Kabupaten Purwakarta," kata Yayat. 

Menurutnya, penghargaan tersebut juga menunjukan soliditas dan kekompakan antara Pemkab Purwakarta melalui DPPKB dengan para kader di lini lapangan sehingga mendukung keberhasilan pelaksanaan program.

"Penghargaan ini merupakan hasil dari sinergitas dan soliditas antara Pemkab Purwakarta dengan para kader di lini lapangan, baik dari DPPKB Kabupaten Purwakarta sampai ke petugas di tingkat desa, sehingga kekompakan ini menghasilkan keberhasilan dalam pelaksanaan program. Terima kasih kepada seluruh stakeholder mulai dari Bapak PJ Bupati sampai kepada para pendamping keluarga yang ada di desa yang telah menggerakkan Program KB sehingga prestasi tersebut dapat diraih oleh Kabupaten Purwakarta," ungkap Yayat. 

Terpisah, Kabid Keluarga Berencana DPPKB Kabupaten Purwakarta, Idi Junaedi menyebut, Kabupaten Purwakarta di puncak peringatan Harganas ke-31 ini berhasil meraih 13 penghargaan tingkat Provinsi Jawa Barat. 

Bahkan, Kata Idi, pada tahun sebelumnya Purwakarta pernah meraih penghargaan namun tidak sebanyak tahun 2024 ini. "Alhamdulillah setiap tahun Kabupaten Purwakarta selalu meraih prestasi yang cukup baik dari tingkat Jawa Barat. Untuk tahun ini ada 12 penghargaan tingkat Provinsi Jawa Barat yang diraih Kabupaten Purwakarta," jelas Idi. 

Ia menyebut, prestasi tersebut diraih atas kerja keras seluruh stakeholder yang ada di Kabupaten Purwakarta mulai dari Bupati sampai pada para petugas yang ada di bagian lini terdepan termasuk para pendamping keluarga jalur KB.

"Terima kasih kepada seluruh stakeholder mulai dari Bapak Bupati sampai kepada para pendamping keluarga yang ada di desa yang telah menggerakkan Program KB sehingga prestasi tersebut dapat diraih oleh Kabupaten Purwakarta," ucap Idi. 

Ke-12 penghargaan yang diraih Kabupaten Purwakarta, Idi merinci, yakni Terbanyak Total Capaian Pelayanan KB Se-Wilayah II, Terbanyak Total Capaian Pelayanan KB MKJP Se-Wilayah II, Total Capaian Pelayanan KBPP Se-Wilayah II, Terbanyak Total Capaian Pelayanan KB Di HUT IBI Se-Wilayah II, Terbanyak Total Capaian Pelayanan KB Di Hari Kartini Se-Wilayah II, Terbanyak Total Capaian Pelayanan KB MKJP Di Hari Kartini Se-Wilayah II. 

Kemudian, lanjut Idi, Pencatatan dan Pelaporan Tercepat Dalam Rangka Hari Kartini, Pencatatan dan Pelaporan Tercepat Dalam Rangka HUT IBI, Pencatatan dan Pelaporan Tercepat Dalam Rangka Pelayanan Sejuta Akseptor (PSA). 

"Selain itu, Purwakarta juga meraih Sebagai Kota Dengan Predikat I Bangda terbaik III Tingkat Provinsi Jawa Barat dan Satyagatra Respati Terbaik Tingkat Provinsi Jawa Barat. Kemudian ada salah satu tenaga lini lapangan yang meraih prestasi juara 3 kategori Kader Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP/Pos KB Desa) Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2024," ungkap Idi. (Diskominfo Purwakarta)