Pertandingan persahabatan sepak bola FIFA Matchday antara Tim Nasional Indonesia Vs Argentina masih sepekan lagi, digelar 19 Juni nanti, namun keseruannya sudah menjalar kemana-mana hingga ke pelosok negeri.

Semua orang pecinta sepak bola di jagat nusantara ini ramai membicarakannya, termasuk Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika.

Orang nomor satu di Purwakarta ini sepertinya tak mau ketinggalan dalam riuh pesona olahraga paling favorit di muka bumi ini.

Baginya, membicarakan sepak bola adalah membicarakan tentang optimisme, tentang semangat sportifitas, tentang kerjasama dan gotong royong, tentang semangat berjuang dan berkarya, serta tentang persatuan.

"Membicarakan sepak bola adalah membicarakan tentang memperjuangkan sebuah kemenangan sebagai karya bersama. Membicarakan sepak bola adalah membicarakan semangat gotong royong dalam memperjuangkan cita-cita bersama. Sepak bola adalah memperjuangkan kemenangan dengan semangat persatuan. Sepak bola menjadi indah karena itu semua," kata Bupati Anne, Senin, 12 Juni 2023, saat berbincang santai tentang sepakbola menjelang pertandingan persahabatan Indonesia vs Argentina.

Bupati perempuan pertama di Purwakarta itu mengatakan, meski dirinya tidak pandai bermain sepak bola, namun olahraga yang sangat digilai semua lapisan masyarakat itu sudah dikenalnya sejak kecil.

Dia mengaku, kecintaanya terhadap sepak bola karena semua anggota keluarganya adalah penggemar sepak bola.

"Saya suka sepakbola sejak kecil karena semua anggota keluarga suka sepak bola. Kalau ada siaran sepak bola, hampir semua anggota keluarga kumpul nobar (nonton bareng). Apalagi kalau yang disiarkan adalah tim sepak bola nasional. Kalau lagi nobar, pasti seru," kata Bupati Anne.

Mengenai pertandingan persahabatan Indonesia Vs Argentina, Bupati Anne sangat antusias membicarakannya.

Dia sebetulnya sangat berharap bisa menyaksikan langsung pertandingan tersebut, namun kesibukannya memimpin roda pemerintahan Kabupaten Purwakarta, membuat harapannya bisa menonton secara langsung tidak mungkin bisa dilakukan.

"Ingin sekali bisa nonton langsung. Ini pertandingan Tim Nasional Indonesia melawan Argentinta yang merupakan juara dunia . Pasti akan sangat seru. Namun, banyak pekerjaan yang tidak mungkin bisa saya tinggal. Apalagi kabarnya cari tiketnya juga susah. hanya dalam hitungan menit semua tiket habis terjual," kata Bupati Anne.

Meski tidak bisa menyaksikan langsung, lanjut Bupati Anne, dia akan menyempatkan bisa nonton levat siaran di televisi.

"Semoga disiarkan di televisi. Biar saya bisa nonton pertandingan yang pasti akan berlangsung seru," katanya.

Saat ditanyakan mendukung tim mana dalam pertandingan persahabatan tersebut, Bupati Anne dengan spontan langsung menjawab mendukung tim nasional Indonesia.

"Pasti saya akan mendukung total timnas Indonesia. Timnas sepakbola Indonesia selalu dihatiku, selalu dinanti dan saya doakan selalu menjadi yang terbaik," kata Bupati Anne.

Bagaimana dengan skor pertandingannya? Bupati Anne dengan mantap menjawab timnas Indonesia menang atas Argentina dengan skor 1-0. 

"Saya optimis timnas Indonesia akan menang 1-0. Seluruh rakyat Indonesia akan mendukung dan mendoakan agar timnas menang," kata Bupati Anne.

Punya Klub Sepak Bola

Kecintaaan Bupati Anne terhadap olahraga sepak bola sepertinya bukan main-main. Itu ditunjukannya dengan sangat nyata dengan merenovasi total Stadion Olahraga Purnawarman.

Renovasi stadion terbesar dan menjadi kebanggan masyarakat Purwakata itu menghabiskan dana milyaran rupiah.

Pembangunan kembali Stadion Purnawarman sangat penting dilakukan untuk mefasilitasi cabang olahraga yang sangat populer dan favorit di masyarakat, yakni sepak bola.

Setelah menjalani renovasi total, kini Stadion Purnawarman tampak terlihat lebih megah dibandingkan sebelumnya. Peresmian stadion tersebut dilaksanakan bersamaan dengan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 9 September 2021 lalu.

"Semakin baik suatu fasilitas olahraga maka diharapkan semakin tinggi pula minat masyarakat untuk berpartisipasi. Dari sana kita harapkan akan lahir atlet-atlet sepakbola Purwakarta yang berprestasi," kata Bupati Anne.

Selain itu, ternyata ada rahasia kecil yang makin membuktikan kecintaan Bupati Anne terhadap sepak bola.

Apakah itu?  Ya, Bupati Anne diam-siam ternyata punya klub sepak bola.

Serius?  Ya, Bupati Anne ternyata sangat serius kalau dia punya klub sepak bola.  Klub sepak bola itu diberi nama FC (Football Club) Dapur Teh Juju.

Klub itu beranggotakan semua staf dan asisten rumah tangga Bupati Purwakarta . Mulai dari juru masak, supir, petugas kebersihan, satuan pengamanan, petugas pengawalan, ajudan hingga  sekretaris bupati.  Mereka semua punya hobi yang sama, yakni main sepak bola.

Lalu mengapa diberi nama FC Dapur Teh Juju? Selidik punya selidik, ternyata nama itu hasil kesepakatan para staf dan asisten bupati. Nama itu disematkan untuk menghormati Teh Jubaedah, juru masak favorit Bupati Anne.

Di dapur Teh Jubaedah mereka sering berkumpul untuk ikut menikmati semua makanan hasil olahan tangan terampil Teh Jubaedah yang akrab dipanggil Teh Juju

Teh Juju jugalah yang kerap menyiapkan sejumlah minuman dan makanan ringan buatannya jika para staf dan asisten bupati itu nobar sepak bola.

Mengetahui rahasia kecil soal tim sepak bolanya terbongkar, Bupati Anne tak bisa menyembunyikan tawanya.

Dengan bersemangat, Bupati Anne menceritakan kalau tim sepak bola itu terbentuk selain sebagai wadah bagi staf dan asistennya yang hobi sepak bola, juga sebagai wadah silaturahmi di antara mereka.

"Kalau sedang ada waktu luang, sekali-kali kita main sepak bola di halaman rumah atau lapangan terdekat. Sehat dan seru. Namun yang paling seru jika mereka sedang nobar, teriakannya kemana-mana. Waduh. Mereka semangat sekali," ungkap Bupati Anne Ratna Mustika.(Diskominfo Purwakarta)