PURWAKARTA -  Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika melepas 576 Atlet dan official yang akan berlaga di ajang Pekan Olah Raga Daerah (Porda)  Jawa Barat ke XIII 2018.

Ia berjanji akan menaikkan bonus untuk para atlet yang berprestasi dalam ajang empat tahunan ini.

"Kita naikan bonusnya ya. Untuk peraih medali emas tahun kemarin Rp25 juta. Sekarang naik jadi Rp30 juta. Termasuk untuk medali perak, perunggu berikut para pelatihnya," kata Ambu Anne usai melepas atlet yang akan berjuang pada Porda Jabar ke-XIII, di Bale Maya Datar, Senin (1/10/2018).

Anne Ratna Mustika atau akrab disapa Ambu Anne tak mau menyia-nyiakan prestasi putera daerah yang akan berjuang mengharumkan nama Purwakarta. Salah satunya dengan menarget masuk 10 besar sebagaimana raihan para atlet empat tahun silam.

"Tahun lalu kita masuk 9 besar. Sekarang mudah-mudahan target tersebut bisa kembali dipertahankan," kata Anne.

Disinggung mengenai bonus, jika atlet berprestasi diangkat jadi pegawai negeri sipil (PNS). Pemda terbentur wewenang. Mengingat, kewenangan pengangkatan PNS atau ASN berada di tangan pemerintah pusat.

"Kalau PNS bukan kewenangan Pemda. Tapi mudah-mudahan mereka jadi bagian kami di Pemda. Soalnya ada alternatif lain, semisal CPNS tahun sekarang ada jalur khusus prestasi. Atlet berprestasi bisa memanfaatkan situasi ini," tuturnya.

Mayoritas atlet-atlet yang dikirim masih berusia muda. Meski begitu, Ambu Anne berharap seluruh atlet mampu menunjukkan kualitas mereka dengan menorehkan banyak prestasi dalam Porda.

"Imbauan dari kami mudah-mudahan  official mempertahankan aspek masukan gizi setiap atlet. Jangan sampai loyok. Anak Purwakarta harus kuat dan membawa kebanggaan," tegasnya.

Diketahui, seluruh atlet kontingen berada dalam bimbingan Ketua Kontingen Olahraga Porda Jabar yang diemban Dandim 0619 Purwakarta Letkol Arh Yogi Nugroho. (*)