Pengurus Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia Koordinator Daerah Purwakarta, Subang, dan Karawang (IJTI Korda Purwakarta) gelar workshop percepatan pemulihan ekonomi nasional di era pandemi di Harper Hotels Kabupaten Purwakarta, Selasa 26 Oktober 2021.

Selain workshop acara tersebut juga berbarengan dengan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) IJTI Purwasuka, Ketua Penyelenggara Workshop dan Rakerda IJTI Purwasuka, Dian Firmansyah mengatakan, acara tersebut bertujuan memperkuat sinergitas antar IJTI bersama Pemerintah Daerah Purwakarta, Subang dan Karawang.

"Workshop hari ini temanya percepatan pemulian ekonomi nasional di era pandemi, seperkit kita ketahui, banyak sektor usaha atau ekonomi khsusnya UMKM sangat terdampak oleh pandemi COVID-19 ini," ujar Dian kepada wak media.

Ia menjelaskan, pada workshop tersebut pihaknya juga mengundang narasumber dari para pejabat dinas di Purwakarta, Subang dan Karawang, tak hanya pejabat Dinas. Workshop tersebut juga mengundang para pelaku UMKM inspiratif di Purwakarta, Subang dan Karawang.

"Seperti kita lihat, tadi ditayangkan beberapa video hasil liputan kami di sektor usaha selama pandemi. Hal itu tentu bertujuan untuk menginspirasi para pelaku UMKM lain serta pemerintah agar lebih cepat tanggap terhadap percepatan pemulihan ekonomi," kata dia.

Selain Kepala Daerah dan pejabat dinas, dalam acara tersebut juga nampak hadir perwakilan BUMN yang berlokasi di Purwasuka, serta para ekonom universitas ternama di Purwasuka sebagai pembicara dalam acara workshop. Lebih lanjut dikatakan Dian, usai workshop acara dilanjutkan oleh Rakerda IJTI Purwasuka. "Setelah ini dilanjut Rakerda, pada pembahasan rakerda kita akan merencanangan program kerja IJTI Purwasuka di tahun 2022 nanti," ucapnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Pasar (DKUPP) Kabupaten Purwakarta dan Subang, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Purwakarta dan Subang, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Purwakarta dan Subang.

Dalam keterangannya, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan, acara yang digelar IJTI ini merupakan sebuah program kerja yang bersinergi dan berkolaborasi dengan pemerintah daerah khususnya Kabupaten Purwakarta kaitan dengan pemulihan ekonomi.

"Ini luar biasa karena kehadiran dari insan pers ini sangat penting untuk mengangkat potensi-potensi yang ada di daerah, terutama yang ada di Kabupaten Purwakarta. Sebuah program kerja yang bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah khususnya Kabupaten Purwakarta berkaitan dengan pemulihan ekonomi daerah," kata Ambu Anne.

Ia juga mengapresiasi kegiatan tersebut karena kehadiran insan pers ini sangat penting untuk mengangkat potensi-potensi yang ada di daerah. Masyarakat hari ini bukan hanya disuguhkan informasi, tetapi mereka juga mencari informasi-informasi lainnya dari berbagai platform media.

"Tentu saja hal itu menjadi sangat strategis, terutama bagi pemda untuk terus bersosialisasi kepada masyarakat. Terutama dalam mensosialisasikan pembangunan di Kabupaten Purwakarta," demikian Ambu Anne.