Untuk memastikan pelaksanaan pemungutan suara Pilkades Serentak di wilayah Kabupaten Purwakarta berjalan lancar, aman dengan penerapan disiplin protokol kesehatan. Dirjen Binapemdes Kemendagri, Yusharto Huntoyungo, didampingi unsur Forkopimda setempat memantau langsung pelaksanaan Pilkades di sejumlah titik di wilayah Kabupaten Purwakarta, Sabtu 16 Oktober 2021.

"Dari pengamatan kita melalui laporan, berikut instrumen yang sudah disiapkan oleh Pemkab Purwakarta, bahwa sudah ada kesesuaian dan konsistensi antara laporan dengan di lapangan," kata Yusharto saat memantau pemungutan suara Pilkades di Desa Bungursari, Kecamatan Bungursari.

Menurutnya, pada pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Purwakarta saat ini sudah sesuai dengan Permendagri 72 Tahun 2020, dimana penerapan protokol kesehatan Covid-19 sudah diterapkan dengan baik.

"Berdasarkan pantauan tadi, pelaksanaan Pilkades Serentak di Purwakarta sudah dilaksanakan dengan baik oleh Bupati Purwakarta dan seluruh jajaran yang dibantu oleh TNI-Polri dan Kejaksaan serta DPRD Kabupaten Purwakarta yang sudah menghasilkan berbagai kebijakan yang sesuai dengan penegakan prokes Covid-19," ujar Dirjen.

Selain itu, pihaknya menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran Pemkab Purwakarta yang sudah bekerja dengan baik, sehingga pada Pilkades di tengah pandemi Covid-19 ini berlangsung tertib dan aman dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Kita berharap kepada kepala desa yang terpilih nanti akan menjadi tulang punggung bagi Bupati Purwakarta dalam mencapai visi misi di Kabupaten Purwakarta. Dengan demikian akan ada penyegaran, akan ada suksesi dari pelaksanaan Pilkades ini sehingga menghasilkan para kepala desa yang semakin berkualitas," ucap Yusharto.

Untuk diketahui, sebagai unsur pelaksana Kementerian Dalam Negeri di bidang pembinaan pemerintahan desa. Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pembinaan pemerintahan desa sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sementara, Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengharapkan pada pelaksanaan Pilkades serentak di 170 desa di Kabupaten Purwakarta ini dapat berjalan dengan baik dan aman sampai pada hasil pemilihannya.

Ia menyebutkan bahwa nantinya untuk proses pengamanan surat suara Pilkades tersebut akan dikawal oleh tim pengamanan dari TNI, Polri, Satpol PP dan Linmas sehingga nantinya dapat berjalan dengan aman dan tertib.

"Pelaksanaan pilkades di 170 desa saat ini berjalan dengan baik. Mudah-mudahan nanti sampai selesai bisa berjalan baik, aman dan kondusif," demikian Ambu Anne. (Diskominfo Purwakarta)