Hari ini, diperkirakan sebanyak 545.318 warga di 170 desa pada 17 kecamatan di wilayah Kabupaten Purwakarta menentukan siapa kepala desa di wilayah desanya masing-masing. Pencoblosan dimulai pada pukul 07.00 hingga pukul 13.00 WIB pada 1.172 titik TPS yang sudah ditentukan oleh kepanitiaan Pilkades.

Dari ratusan ribu warga yang tercatat pada DPT Pilkades serentak tahun ini, nampak Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, menyalurkan hak pilihnya, ikut mencoblos Cakades di TPS 4, Desa Sawah Kulon, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Purwakarta.

"Alhamdulillah, saya telah selesai mengikuti pesta demokrasi masyarakat desa pada Pilkades Serentak tahun 2021. Kepada warga masyarakat yang sudah masuk DPT untuk segera datang ke TPS untuk memilih calon kepala desa pilihannya. Mari sukseskan Pilkades Serentak tahun 2021," tulis Ambu Anne, Sabtu 16 Oktober 2021.

Ambu Anne juga mengatakan, hari pencoblosan Pilkades serentak di Purwakarta, tengah dilaksanakan sesuai jadwal yang sebelumnya telah ditetapkan dengan berbagai catatan berkaitan dengan kondusifitas dan penerapan protokol kesehatan serta teknis-teknis pelaksanaan yang mengacu pada pencegahan penyebaran Covid-19.

Menurutnya, pelaksanaan Pilkades serentak ini telah dipersiapkan secara matang dan terkoordinasi khususnya dalam hal pengamanan yang melibatkan berbagai pihak terutama unsur Pemda dengan TNI dan Polri. "Kami berharap semua pihak yang terlibat agar senantiasa mampu memberikan pemahaman yang benar dan netral agar pelaksanaan Pilkades berjalan sesuai harapan," kata Ambu Anne.

Selain itu, hal-hal yang berkaitan dengan langkah untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya gangguan keamanan dan kesehatan pada proses Pilkades juga harus menjadi tanggung jawab bersama seluruh unsur masyarakat yang terlibat dalam hajatan demokrasi ini.

"Selain upaya pencegahan pada hal-hal yang mengarah pada konflik dan sengketa Pilkades, kita juga harus mengedepankan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin sehingga segala potensi penyebaran pandemi Covid-19 bisa diminimalisir. Karena Pilkades bagian dari sebuah proses demokrasi, mari kita ciptakan Pilkades yang sehat dan mampu melahirkan pemimpin-pemimpin impian masyarakat," demikian Ambu Anne.