Untuk mengantisipasi gelombang kasus Covid-19 baru. Jajaran Pemkab Purwakarta terus melakukan upaya percepatan vaksinasi, testing dan tracing terhadap seluruh lapisan masyarakat.

Karena dengan terkendalinya sistuasi Covid-19 akan mendorong aktivitas pemulihan ekonomi masyarakat, terutama aktivitas pariwisata (revenge travel) dan sekolah pertemuan tatap muka (PTM). Dengan demikian diharapkan seluruh jajaran Pemkab Purwakarta di semua tingkatan dan unsur masyarakat lainnya dapat memastikan disiplin penerapan protokol kesehatan berjalan dengan baik.

Demikian dikatakan Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika disela-sela monitoring vaksinasi di Kecamatan Pasawahan, Kamis 30 September 2021. Nampak sejumlah unsur Forkopimda Purwakarta hadir dalam peninjauan vaksinasi tersebut.

"Pemerintah Kabupaten Purwakarta terus melakukan percepatan vaksinasi dari usia remaja sampai lansia yang di targetkan pada bulan Oktober mendatang mencapai 50 persen. Agar Purwakarta bisa berstatus PPKM Level 2," kata Ambu Anne.

Menurutnya, targer vaksinasi Purwakarta hingga hari ini telah mencapai 47 persen dari seluruh dosis satu. Sementara, untuk kategori remaja usia 12-18 tahun sudah mencapai 30 ribu dari target 102.715 jiwa. Pihaknya akan terus mengejar target tersebut meski untuk kalangan usia SLTA targetnya sudah diatas 50 persen dan usia SMP sudah diatas 60 persen.

"Terdapat sejumlah Kendala karena ada anak yang tidak bisa divaksin karena sakit dan lain sebagainya, tetapi kalau melihat dari persentase ini sudah cukup baik kurang lebih 30 persen," ujarnya.

Berkaitan dengan droping vaksin, Ambu mengungkapkan, sebelumnya terjadi keterlambatan droping, namun setelah itu dihari ketiganya Kemenkes dan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat mendroping vakin sebanyak 100 ribu dosis untuk Kabupaten Purwakarta untuk dosis satu dan dosis dua. Jadi untuk vaksin sampai minggu ini dalam posisi aman.

Ia juga menargetkan 50 persen vaksinasi bisa tercapai pada 3 Oktober 2021 mendatang. Sementara untuk kondisi BOR Purwakarta berada dibawah 7 persen dan laju penyebaran Covid-19 sudah tidak ada lagi kecamatan di Purwakarta yang status zona merah.

"Untuk Kecamatan Kota sudah zona oranye, dan di kecamatan kota juga sekolah sudah bisa melaksanakn PTM terbatas. Sementara untuk Kecamatan Pasawahan kita targetkan sebanyak 1 ribu dosis untuk usia 12 sampai lansia,"  kata Ambu Anne.

Sebelumnya, melalui BKPSDM dan Dinas Kesehatan, Bupati Purwakarta bersama jajaran Forkompinda meninjau pelaksanaan swab antigen kepada sebanyak 2.200 orang yang akan mengikuti tes CPNS di Bandung yang dilaksanakan secara bertahap sampai akhir pekan mendatang.

"Hari ini targetnya 300 orang, itu akan selesai pada hari Sabtu sesuai dengan penjadwalan testing yang di Bandung ke seluruh CPNS jumlahnya kurang lebih sekitar 5.400 orang," demikian Ambu Anne. (Diskominfo Purwakarta)