Puncak perayaan hari kemerdekaan Indonesia ke 73, Pemerintah Daerah Purwakarta mengadakan pawai mobil hias pada Sabtu pagi (18/8/2018).

PJ Bupati Purwakarta, M Taufiq Budi Santoso rangkaian mobil hias ini diikuti oleh para ASN di Pemkab Purwakarta. Dimulai dari tingkat Kecamatan hingga kedinasan Pemkab Purwakarta.

"Kegiatan ini adalah sesuatu yang setiap tahun dilakukan di Purwakarta. Kali ini nuansanya ingin mengedepankan peran ASN Korpri Republik Indonesia di Kabupaten Purwakarta," kata Taufiq.

Keterlibatan ASN dan Korpri dalam rangkaian mobil yang dihias berbagai tema itu pun, kata dia untuk menunjukkan peran dalam pembangunan masyarakat.

Terlebih antusias masyarakat yang cukup luar biasa. Menurutnya dengan begitu masyarakat bisa mengakses informasi pembangunan di Purwakarta.

Puncak perayaan HUT RI ke-73 kali ini menjadi istimewa. Sebab, kata Taufiq sekaligus perayaan ulang tahun Purwakarta dan Kabupaten Purwakarta, ditambah cukup istimewa karena menjadi salah satu wilayah yang dilalui obor Asian Games.

"Tentunya ini menjadi suatu makna bersama yang sejalan, dan menyukseskan Asian Games yang Torch Relaynya sempat ke Purwakarta," ucapnya.

Taufiq menjelaskan bahwa rangkaian kegiatan di Purwakarta telah dikemas sedemikian rupa untuk menyemarakkan dan membangkitkan semangat nasionalisme.

Adanya agenda tersebut perlu dilakukan secara rutin dengan berbagai macam cara, namun dengan mengedepankan kesederhanaan.

"Kesederhanaan dan partisipasi masyarakat yang perlu dikembangkan," ujar dia menambahkan.

Sedangkan menurut, Yanto (43) Warga Purwakarta, menuturkan dengan adanya pawai mobil hias tersebut cukup menghibur apalagi berbagai bentuk kendaraan yang cukup unik.

"Seru rame juga,pasukan defile ada pawai hias kendaraan," ujarnya. (*)