Menyambut Hari Jadi Purwakarta ke 188 tahun dan Kabupaten Purwakarta ke 51 tahun. Pemkab Purwakarta menyiapkan rangkaian kegiatan hari jadi.

Baik melalui media sosial maupun dari selebaran yang telah tersebar luas di masyarakat, terlihat banyak yang disiapkan oleh Pemkab Purwakarta dalam mengisi hari jadi kabupaten tersebut. Yang didominasi oleh kegiatan yang bersifat pesta rakyat.

Acara rangkaian hari jadi, diawali dengan kegiatan mitembeyan sekaligus halal bi halal bersama seluruh lapisan masyarakat dan tokoh-tokoh penting di wilayah itu. Kegiatan awal ini, terjadwal pada Selasa 16 Juli sekitar pukul 09.00 WIB di Bale Paseban, Pendopo Pemkab Purwakarta.

Pada Rabu 17 Juli, rangkaian hari jadi ini dilanjutkan dengan kegiatan ‘Muru Indung Cai Purwakarta Istimewa’. Kegiatan ini para pejabat pemerintahan akan membawa air dari 9 mata air di Wanayasa untuk dibawa menuju Situ Buleud. Kegiatan tersebut, berlangsung sore sekitar pukul 15.30 WIB.

Jumat 19 Juli 2019, akan digelar theater Purwakarta Indung Budaya, kegiatan ini akan berlangsung sore hari. Lalu, bertepatan dengan tanggal kelahiran kabupaten kecil kedua di Jabar itu, atau pada 20 Juli, pemkab beserta jajaran pemerintahan di wilayah ini akan menggelar sidang paripurna istimewa. 

Selain itu pecinta kuliner akan disuguhi dengan Wisata kuliner Nyai Pohaci dan dihibur dengan pertunjukan 1.000 penari Jaipong. Mereka akan unjuk gigi di sepanjang Jalan Jendral Sudirman (pusat kota).

Setelah kegiatan Sidang Paripurna Istimewa, bukan berarti rangkaian hari jadi ini berakhir. Karena, masih banyak suguhan menarik yang disiapkan pemerintah di hari selanjutnya. Dari kegiatan yang terjadwal itu, ada yang lebih menarik. Yakni, Festival Budaya Nyai Pohaci. Dalam festival ini, diisi dengan kegiatan ‘Ngarak Awug’ yang kabaranya akan kembali menorehkan rekor di Musium Rekor Indonesia (Muri).

“Rangkaian Kegiatan hari jadi Purwakarta akan berakhir pada 17 Agustus mendatang. Di hari yang bertepatan dengan hari Kemerdekaan RI itu juga ada pesta rakyat lainnya. Semisal, Festival Kendaraan hias dan Festival Panjat Pinang,” ujar Sekretaris Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan Purwakarta, Heri Anwar saat ditanya mengenai jadwal tersebut, akhir pekan kemarin. (*)