Melalui Bumdes Amanah, Desa Cipancur Berhasil Budidayakan Ternak Lele

Purwakarta, Ternak Ikan Lele termasuk salah satu jenis usaha perikanan yang mudah dijalankan, mengingat jenis ikan ini termasuk ikan yang mudah perawatannya.

Selain itu, ikan ini juga termasuk ikan seribu umat yang banyak sekali penggemarnya. Potensi usaha ternak Ikan Lele yang besar membuat banyak orang yang memulai usaha ternak ikan ini.

Menurut CEO Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Amanah, Dedih Suhardian Potensi area pemasaran yang luas, membuat bisnis lele memiliki peluang yang besar untuk dijalankan.

"sebenarnya kalau kita lihat lebih dalam, potensi bisnisnya sangat luas, di wilayah tingkat Perkampungan saja ada banyak warteg & Pecel yang bisa kita suplay kebutuhan ikan lelenya, bisa di bayangkan kalau kita menghitung satu Wilayah Desa," Ulasnya. Purwakarta, Rabu (30/10/19).

Dedih menambahkan untuk saat ini BUMDes Amanah Desa Cipancur Kecamatan Cibatu Kabupaten Purwakarta bisa lebih berkembang untuk memulai ke pembenihan atau pembibitan setelah adanya bantuan modal dari provinsi Ja barat dengan kategori BUMDes produktif, mendapatkan seratus juta rupiah untuk pengembangan usaha ternak lele tersebut.

'' Alhamdulillah belum lama ini BUMDes Amanah mendapatkan bantuan modal sebesar seratus juta rupiah, dan dipergunakan untuk pengembangan unit usaha di bidang pembenihan atau pembibitan," Imbuh pendamping lokal desa kec. Cibatu tersebut.

Wira, Pelaku usaha peternak lele, bisa berinisiatif untuk mengolah sendiri Ketika Kondisi pertumbuhan lele yang overweight yang berdampak menyulitkan peternak untuk menjualnya.

"Peternak juga bisa membuat olahan daging lele yang riject atau kelebihan bobot menjadi nugget lele, kerupuk lele, ataupun abon lele sehingga panenan lele yang overweight tetap memiliki nilai komersial yang tinggi," Tutur wira.

Tak hanya itu, Wira mengulas segmen pasar yang berpotensi sebagai konsumen tetap.

"Pemasaran lele untuk partai besar bisa melalui MOU dengan Restoran, Supermarket atau penjaja ikan lele lainnya untuk di termakan kembali atau di jual secara eceran di rumah,"Pungkasnya.

Saat dikonfirmasi kepada Rastam, direktur BUMDes Amanah mengungkapkan untuk kedepannya akan bisa branding menjadi kampung lele, dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dengan kegiatan ini, semoga BUMDes Amanah bisa lebih maju untuk menjadikan cipancur mempunyai branding kampung lele.

" Kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak atas dukungannya demi kemajuan desa kami melalui Badan Usaha Milik Desa yang kami kelola, dan tidak lupa untuk pemesanan bisa datang langsung ke Empang yang terletak di Cipancur RT. 01/01 Desa Cipancur Kec. Cibatu Kab. Purwakarta, bisa bertemu dengan bapak Wira atau Rastam," Ungkapnya

(Meldy)

Terkait

Komentar