Pemkab dan Kodim, Padukan TMMD dan Gempungan

Dengan memadukan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 106 dengan program Gempungan. Jajaran Kodim 0619 Purwakarta berupaya mewujudkan percepatan pembangunan untuk kesejahteraan rakyat.

"Ini TMMD semester kedua tahun anggaran 2019 di wilayah Kodim 0619 Purwakarta. Terdapat dua sasaran pada TMMD ini, sasaran fisik dan non fisik," ujar Danrem 063 Sunan Gunung Jati, Kolonel Arm Maryudi usai Upacara Pembukaan TMMD ke 106 Kodim 0619 Purwakarta di Lapangan Kecamatan Cibatu, Purwakarta, Rabu (2/10).

Menurutnya, setiap tahun program TMMD selalu dievaluasi. Tanggapan masyarakat termasuk dari Pemerintah Daerah sangat positif.

"Dengan program ini kita bisa membangun kebersamaan dengan orientasi pembangunan untuk masyarakat," ujar Danrem.

Sementara, berkaitan dengan sasaran non fisik, kata Danrem fokus pada penyuluhan – penyuluhan wawasan kebangsaan untuk masyarakat. "Kita berupaya mencegah masuknya faham – faham atau ideologi yang bertentangan dengan Pancasila kepada masyarakat," kata Danrem.

Sementara, Dandim 0619 Purwakarta, Letkol Arh Yogi Nugroho dalam keterangannya mengatakan, selain pembangunan sejumlah infrastruktur. Pelaksanaan program TMMD ke 106 yang digelar Kodim 0619 Purwakarta di Desa Cisaat Kecamatan Cibatu menyasar pembangunan non fisik.

Sasaran pembangunan non fisik yang dilaksanakan pada TMMD 106  diantaranya adalah; penyuluhan wawasan kebangsaan, sunatan massal, pelayana KB gratis, pengobatan gratis, pembuatan KTP, KK hingga perpanjangan SIM.

"Semua kita koordinasikan dengan lintas sektoral, baik dengan Pemda maupun dengan Kepolisian. Ada juga berbagai penyuluhan yang akan dilaksanakan, seperti penyuluhan bela negara, kesehatan, pertanian, hukum serta penyuluhan lainnya yang diperuntukan bagi pelajar dan orang dewasa di lokasi TMMD," ujar Letkol Yogi.

Lokasi yang dijadikan sasaran TMMD ke 106 adalah Desa Cisaat Kecamatan Campaka. Untuk sasaran pembangunan fisik, dibagi menjadi dua, yaitu sasaran pokok dan sasaran tambahan.

"Salah satu sasaran pembangunan fisiknya yaitu membangun jalan penghubung antar desa yang terhubung dengan perbatasan Kabupaten Purwakarta dan Subang," tuturnya.

TMMD 106 akan melakukan pembangunan rabat beton sepanjang 650 meter dengan lebar 4 meter dari Desa Cisaat ke Desa Ciparungsari. Kemudian pembuatan gorong-gorong dua unit dengan panjang 6 meter.

Ada juga pembuatan saluran pasangan sepanjang 150 meter dan pembangunan tembok penahan tanah sepanjang 100 meter.

"Sementara, untuk sasaran tambahan yaitu, rehab rutilahu sebanyak 5 unit, rehab musola dan melakukan rehab pos kamling," kata Dandim.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Purwakarta, Aming mengatakan, Pemkab Purwakarta apresiasi terhadap langkah-langkah pembangunan yang dilakukan jajaran TNI dari Kodim 0619 Purwakarta.

"Atas nama Pemkab Purwakarta, kami akan mendukung penuh. All out,  membantu program ini hingga tuntas. Ini untuk kepentingan bersama. Warga Kabupaten Purwakarta," demikian Aming.

Selain itu menurutnya, dengan sinergitas ini diharapkan percepatan pelayanan kepada masyarakat bisa terlaksana.

"Targetnya percepatan pelayanan pada masyarakat," katanya. (*)

Terkait

Komentar