25 Sep 20:34

Serius Tangani Pelajar Nakal, Purwakarta Siapkan Kelas Khusus

Pemerintah Kabupaten Purwakarta menaruh perhatian yang serius kepada pelajar yang memiliki tingkat kenakalan diluar batas kewajaran. Kelas khusus bagi mereka dinilai salah satu cara penanganan yang akan menuai hasil efektif mengingat pelajar nakal tersebut tidak bisa ditanggulangi dengan cara yang biasa.

Hal itu diungkapkan oleh Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) di SMPN I Babakan Cikao hari ini Jum’at (16/9). Bupati yang akrab disapa Kang Dedi tersebut mengaku telah menyediakan ruangan khusus di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Jl Suriawinata Purwakarta yang diperuntukan menjadi ruangan kelas bagi anak-anak nakal yang tidak bisa ditangani oleh guru mereka di sekolah.

“Kita siapkan kelas khusus untuk mereka. Mentornya juga khusus, disesuaikan dengan tingkat kenakalannya. Mereka juga memiliki hak penuh untuk mendapatkan pendidikan. Makanya harus kita akomodir, dari nakal berubah menjadi tidak nakal kan indikator keberhasilannya disana”. Jelas Dedi

Pelajar yang mengikuti kelas khusus tersebut menurut Dedi secara administratif masih berstatus sebagai siswa di sekolahnya. Mereka hanya pindah lokasi belajar dan akan dikembalikan ke sekolahnya ketika sudah mengalami perbaikan karakter dalam kehidupan sehari-hari.

“Mereka hanya pindah tempat belajar, secara administratif masih tercatat sebagai siswa di sekolah masing-masing. Kalau mau kembali belajar di sekolahnya, mereka harus menunjukan perubahan karakter dari tadinya buruk menjadi baik. Fokus pelajaran di kelas khusus ini juga berbeda, lebih kepada olahraga, spiritual dan kreatifitas”. Kata Bupati yang selalu mengenakan iket Sunda tersebut.

Dedi pun memberikan instruksi kepada Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga agar melakukan pengawasan secara aktif dan berkesinambungan kepada seluruh sekolah di Purwakarta terutama para kepala sekolah. Ia memerintahkan untuk memecat kepala sekolah yang tidak bisa mengubah karakter siswa yang buruk menjadi baik. (*)