25 Sep 20:15

Jelang Natal, Kang Dedi dan Pelajar Muslim ‘Beberesih’ di Gereja

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi bersama puluhan pelajar muslim sejak pagi tadi Kamis (22/12) melakukan kerja bakti di lingkungan Gereja Bethel Tabernakel Jalan Hidayat Martalogawa Purwakarta. Kegiatan ini sengaja digelar dalam rangka persiapan menyambut Hari Raya Natal yang jatuh pada Minggu (25/12) mendatang.

Pelajar muslim yang turut serta bersama pria yang akrab disapa Kang Dedi ini terlihat antusias, mereka diarahkan oleh pihak sekolah untuk membantu melaksanakan kegiatan kerja bakti di Gereja secara sukarela dalam rangka membangun semangat toleransi dan kebersamaan antar pelajar beda keyakinan.

Rendi (14) salah seorang pelajar asal SMPN I Purwakarta misalnya, tanpa canggung ia berkomunikasi dengan pengurus gereja untuk pembagian tugas bagian gereja mana saja yang bisa dia dan teman-temannya bantu untuk dibersihkan. Pelajar Kelas VIII di SMP yang juga bernama Kahuripan Padjadjaran ini mengaku gembira berkesempatan membersihkan gereja bersama teman-temannya yang berbeda keyakinan.

“Sama-sama dengan teman-teman disini bekerja bakti, sudah biasa di sekolah juga kan belajar dan bermain bersama, gak aneh lagi,” kata Rendi.

Menurut Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, terdapat tujuh gereja yang dibangun diatas tanah yang berada di wilayah yang ia pimpin, termasuk Gereja Bethel Tabernakel dan Yos Sudarso yang biasa digunakan oleh para pelajar untuk beribadah. Sehingga menurut dia, kegiatan kerja bakti ini pun difokuskan ke gereja yang dekat dengan lingkungan sekolah dan biasa digunakan oleh para pelajar di sekolah tersebut.

“Para pelajar fokus membersihkan gereja di lingkungan sekolahnya saja, juga gereja yang biasa digunakan oleh mereka dalam beribadah sehari-hari. Suasananya menjadi sejuk, pelajar muslim membantu pelajar non muslim, tujuan kami membangun semangat toleransi dan kebersamaan,” ucap pria yang akrab disapa Kang Dedi tersebut.

Pihak Gereja Bethel Tabernakel pun mengapresiasi kegiatan ini, Pastor di gereja tersebut, Matius Suhardi mengucapkan terima kasih dan rasa syukurnya atas inisiasi yang dilakukan oleh Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi dalam mendorong semangat toleransi beragama sejak dini kepada pelajar di Purwakarta.

“Puji Tuhan, saya terima kasih kepada Kang Dedi, kepada pelajar yang biasa saya asuh juga kepada pelajar muslim yang sudi datang bahkan ikut bekerja bakti membersihkan gereja. Kegiatan ini membuat kami merasa aman dan damai dalam menjalankan ibadah Natal,” pungkas Matius.

Usai kegiatan, gereja yang dibangun pada Tahun 1961 tersebut terlihat bersih dan asri, seluruh sampah sudah dibersihkan bahkan kaca pada jendela gereja tersebut pun turut pula dibersihkan oleh para pelajar. Gereja yang hingga saat ini memiliki 100 orang jemaat dari seluruh Purwakarta itu pun menyatakan diri siap menyambut Hari Natal. (*)